Manfaat Buah manggis untuk Kulit dan Kesehatan

Manfaat Buah manggis untuk kulit dan Kesehatan
manfaat buah manggis
Buah manggis secara ilmiah dikenal sebagai Garcinia mangostana adalah pohon cemara tropis, buah manggis berasal dari Indonesia dan banyak terdapat di beberapa daerah Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, dan juga di beberapa daerah di Afrika. Manggis, diakui untuk penampilan dan rasa yang unik sering dipuja sebagai ratu dari buah-buahan tropis, terutama di Timur.

Manfaat Buah manggis untuk Kulit dan Kesehatan

Buah ini memiliki tiga bagian utama: kulit ungu, daging dalamnya putih yang tersegmentasi seperti jeruk dan biji, ditemukan dalam daging. Kulitnya sangat pahit jika termakan, sementara daging memiliki aroma yang lembut dengan rasa manis. Kulit terluar atau kulit manggis (disebut pericarp) agak sulit, namun dapat dibuka dengan mudah.

Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional dari berbagai negara Asia untuk waktu yang sangat lama, dan pernah membawa semua jalan di seluruh dunia sehingga dapat dicicipi oleh Ratu Victoria. Manfaat kesehatan dari manggis dikenal sejak abad ke-18 dan telah terbukti bahwa manfaat ini tidak hanya mitos. Ini adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan normal, perkembangan dan secara keseluruhan gizi baik makhluk. Bagian yang berbeda dari buah dan tanaman yang digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan buah manggis.


  1. Antioksidan
    Penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa manggis mengandung kelas senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah ini adalah alpha dan gamma. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone merupakan obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif dan kerusakan fisik dan mental.
  2. Rendah Kalori
    Buah ini sangat rendah kalori (63 kalori per 100g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, kaya akan serat makanan (100 g menyediakan sekitar 13% RDA), yang bisa sangat penting bagi individu yang peduli tentang menempatkan pada berat badan berlebih.
  3. Vitamin C
    Manggis kaya akan vitamin C dan mengandung sekitar 12% RDA per 100g. Menjadi larut dalam air anti oksidan kuat, vitamin C memberikan perlawanan terhadap flu seperti agen infeksi dan mengais berbahaya radikal bebas pro-inflamasi. Oleh karena itu konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan perlawanan terhadap penyakit. Folat memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi dari sel-sel baru dalam tubuh. Vitamin tertentu sangat penting selama kehamilan dan melindungi efek tabung netral.
  4. Aliran darah
    Manggis secara mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini meningkatkan aliran darah dengan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, jantung tersumbat dan nyeri dada yang parah atau angina.
    Dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata, Vitamin C dalam manggis efektif terhadap cataracts.1000mg Vitamin C per hari dikatakan efektif dalam mengendalikan katarak dan meningkatkan visi.
  5. Mengurangi Kolesterol
    Diet kaya manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida untuk mengurus kerja yang tepat dari hati manusia.
  6. Tuberkulosis
    Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh lemah. Aksi penghambatan terhadap bakteri berbahaya efektif untuk pasien yang menderita TBC.
  7. kanker
    Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Ini adalah antioksidan kuat dan efektif yang melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, atau "karat seluler" yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.
  8. Tekanan Darah
    Manggis juga mengandung jumlah tinggi mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan kontrol denyut jantung dan tekanan darah.
  9. Anti- inflamasi
    Manggis mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sakit linu panggul yang tidak dapat dikendalikan oleh terapi obat. Mengkonsumsi manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu untuk mengurangi rasa sakit melalui efek anti-inflamasi dan cox-2 inhibitor nya.
  10. Alzheimer
    Salah satu manfaat kesehatan utama dari manggis adalah efektivitas dalam mengobati penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti kebingungan dan kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.
    Bukan hanya buah manggis, manggis rambak dan bagian lain juga mengandung banyak manfaat kesehatan.
    Sementara bubuk kering dari kulit buah manggis yang digunakan dalam pengobatan disentri, pasta yang dapat digunakan untuk mengobati eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya.
    Sebuah ramuan yang terbuat dari kulit buah manggis dapat digunakan untuk mengobati diare, sedangkan ramuan yang terbuat dari akar manggis digunakan untuk mengatur menstruasi.

Sebuah ramuan yang terbuat dari daun manggis dan kuli, yang bermanfaat dalam menurunkan suhu tubuh dan juga untuk mengobati sariawan dan gangguan berkemih.
Manfaat manggis untuk Kulit
  1. Jerawat
    Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba, yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit yang umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak dan kulit kering dapat disembuhkan dengan konsumsi manggis.
  2. Perbaikan selSenyawa xanthone hadir dalam kulit buah ini adalah yang tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak dalam tubuh Anda dan melindungi mereka.
  3. Berat badanPengambilan manggis adalah metode ortodoks banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Manggis membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan, dengan membakar lemak. Xanthone termasuk dalam kulit manggis bantuan untuk membantu penurunan berat badan.
  4. Penyakit gusi
    Manggis bertindak sebagai senjata untuk melawan penyakit gusi yang dikenal sebagai periodontitis . Gel manggis membantu untuk menyembuhkan masalah gusi.
  5. Menstruasi
    Manggis dapat sangat berguna dalam mengurangi gejala PMS seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi, dll. Di Malaysia, rebusan akar manggis dikonsumsi untuk mengatur menstruasi.
  6. Gangguan perut
    Di negara Filipina, manggis secara luas dibudidayakan. Mereka menggunakan daun dan kulit untuk mengobati diare, disentri, sariawan mengobati dan gangguan saluran kemihkemih.
  7. Anti-Ageing
    Penuaan muncul karena oksidasi. Manggis diisi dengan antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau). Hal ini membantu dalam memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi manggis untuk terlihat lebih muda selamanya.
  8. Meningkatkan energi Anda
    Buah ini dapat membantu Anda merasa segar dan berenergi sepanjang hari. Nutrisi akan membantu Anda terlihat lebih segar dan awet muda. Ini memberikan dorongan energi.
  9. Infeksi virus
    Xanthone hadir dalam manggis memiliki kemampuan alami untuk menyerang infeksi jamur dan virus. Mereka bahkan membantu untuk menyingkirkan karsinogen tertentu dari menyerang kulit Anda.

Beberapa tips penting bagi Anda :
  • Jus yang terbuat dari kulit manggis dapat membuat kulit Anda terasa lebih kencang.
  • Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi ini, karena bisa berbahaya bagi janin.
  • Cuci buah manggis secara menyeluruh di bawah air dan lap dengan handuk lembut untuk membersihkannya.
  • Manggis segar yang tersedia selama musim panas.
  • Cedera pada buah dapat membuat seluruh buah pahit dan termakan.
  • Selalu membeli buah-buahan segar yang terasa berat dan memiliki kulit berwarna cerah ungu. Kulit kering dan blotched menunjukkan stok lama.
  • Buah matang harus ditempatkan di tempat yang dingin dan kering. Kami sarankan disimpan dalam lemari es.
  • Eksposur lebih lama untuk kondisi hangat dapat menyebabkan kulit buah menjadi kering dan keras.

Nilai Gizi Buah Manggis

Buah manggis adalah menguntungkan karena nilai gizi yang tinggi. Selain memiliki rasa yang lezat, itu adalah sumber yang kaya serat dan karbohidrat. Ia juga memiliki kandungan tinggi vitamin A dan vitamin C serta zat besi, kalsium dan potasium. Buah ini merupakan sumber moderat vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Buah manggis yang paling penting adalah sumber besar xanthones. Satu cangkir penyajian manggis kalengan memiliki 143 kalori.
Nutrisi Unit 1 Nilai per 100.0g 1.0 cangkir, tiriskan 196g 1.0 cangkir 216g
Proximate
Air g 80.94 158.64 174.83
Energy kcal 73 143 158
Protein g 0.41 0.80 0.89
Total lipid (lemak) g 0.58 1.14 1.25
Karbohidrat, dengan perbedaan g 17.91 35.10 38.69
Fiber, jumlah makanang 1.8 3.5 3.9
Mineral
Kalsium, Ca mg 12 24 26
Zat besi, Fe mg 0.30 0.59 0.65
Magnesium, Mg mg 13 25 28
Fosfor, P mg 8 16 17
kalium, K mg 48 94 104
Sodium, Na mg 7 14 15
Zinc, Zn mg 0.21 0.41 0.45
Vitamin
Vitamin C, total ascorbic acid mg 2.9 5.7 6.3
Thiamin mg 0.054 0.106 0.117
Riboflavin mg 0.054 0.106 0.117
Niacin mg 0.286 0.561 0.618
Vitamin B-6 mg 0.018 0.035 0.039
Folat, DFE µg 31 61 67
Vitamin B-12 µg 0.00 0.00 0.00
Vitamin A, RAE µg 2 4 4
Vitamin A, IU IU 35 69 76
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0 0.0 0.0
Vitamin D IU 0 0 0
Lipid
Kolesterol mg 0 0 0

Manfaat Buah manggis untuk Kulit dan Kesehatan

Related

kesehatan 4955060895701753961

Post a Comment

Komentar

item