10 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan


manfat buah tomat, manfaat buah tomat untuk kesehatan, manfaat buah tomat untuk kulit
Satu tomat ukuran sedang (sekitar 123 gr) menghasilkan 22 kalori, 0 gr lemak, 5 gr karbohidrat termasuk 1 gr serat dan 3 gr gula dan 1 gr protein. Tomat  adalah sumber yang kaya vitamin A dan C dan asam folat. Tomat mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat serta antioksidan, termasuk alpha lipoic acid, lycopene, kolin, asam folat, beta karoten dan lutein. Tomat yang dikemas penuh dengan nutrisi yang bermanfaat serta antioksidan yang merupakan sumber yang kaya vitamin A dan C dan asam folat.

Alpha lipoic acid membantu tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa asam alpha-lipoic dapat membantu dalam mengontrol glukosa darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes.

Manfaat kesehatan dari tomat juga untuk peningkatan pandangan mata, kesehatan pencernaan yang baik, dan mengurangi tekanan darah, serta membantu penderita diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Selanjutnya, tomat dapat meningkatkan pencernaan, merangsang sirkulasi darah, mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan keseimbangan cairan, melindungi ginjal, detoksifikasi tubuh, mencegah penuaan dini, dan mengurangi peradangan dan kondisi terkait. Tomat terdiri dari sejumlah besar antioksidan yang telah terbukti untuk melawan berbagai bentuk kanker. Tomat adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral dan mengerahkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Tomat juga bisa disebut sebagai buah-buahan maupun sayuran dan merupakan bagian integral dari masakan di seluruh dunia, terutama di wilayah Mediterania. Konsumsi harian tomat memberikan dorongan besar bagi kesehatan, tomat juga digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Tentunya Anda sering menemukan tomat pada makanan yang berbeda beda yang hampir seluruh masakan menambahkan tomat, termasuk pasta, pizza, saus tomat, berbagai minuman. Tomat relatif mudah diolah tubuh dengan cepat, merupakan sumber makanan cepat diganti, yang merupakan alasan besar mengapa itu adalah makanan pokok bagi banyak negara.

Nilai gizi dari Tomat

Banyak manfaat kesehatan dari tomat dapat dikaitkan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin, termasuk jumlah yang mengesankan dari vitamin A, C, dan K, serta sejumlah besar vitamin B6, folat, dan tiamin. Tomat juga merupakan sumber potasium yang baik, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga. Tomat juga memiliki serat makanan dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti lycopene yang juga berkontribusi terhadap manfaat kesehatan secara keseluruhan bahwa tomat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Buah Tomat

Manfaat kesehatan dari tomat yang telah dikenal manusia sejak zaman kuno. Tomat merupakan kaya antioksidan yang telah terbukti efektif melawan berbagai bentuk kanker. 10 manfaat kesehatan lainnya dari tomat adalah sebagai berikut:
  1. Sumber Antioksidan
    Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, antioksidan yang sangat efektif pada kanker yang menyebabkan radikal bebas. Lycopene dalam tomat melawan kanker dan telah terbukti sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung dan rektum serta faring dan kanker esofagus. Hal ini juga melindungi terhadap kanker payudara dan kanker mulut.

  2. Sumber yang kaya Vitamin dan Mineral
    Sebuah tomat dapat menyediakan sekitar 40% dari kebutuhan vitamin C dalam harian. Vitamin C adalah antioksidan alami yang mencegah radikal bebas penyebab kanker yang merusak sistem tubuh. Hal ini juga mengandung banyak vitamin A dan kalium, serta zat besi. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan zat besi sangat penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K, yang sangat penting dalam pembekuan darah dan kontrol perdarahan, semuanya ini ada pada buah tomat.

  3. Mengurangi Kolesterol dan Melindungi Hati
    lycopene dalam tomat mencegah oksidasi lipid serum, sehingga mendapat perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Konsumsi rutin tomat telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Lipid ini adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular dan menyebabkan pengendapan lemak di pembuluh darah.
  4. Pengaruh Langsung dari Asap Rokok
    Dua komponen utama dari tomat, asam coumaric dan asam chlorogenic, melawan nitrosamine yang diproduksi dalam tubuh dan merupakan karsinogen utama yang ditemukan dalam rokok. Kehadiran vitamin A dalam jumlah tinggi seperti juga telah terbukti mengurangi efek karsinogen dan dapat melindungi Anda terhadap kanker paru-paru.

  5. Kesehatan Pencernaan
    Tomat menjaga sistem pencernaan yang sehat juga dapat mencegah dari  sembelit dan diare. Hal ini juga mencegah penyakit kuning dan efektif menghilangkan racun dari tubuh. Jumlah yang sehat serat membantu untuk merangsang gerak peristaltik pada otot pencernaan halus, dan juga melepaskan cairan lambung dan pencernaan. Hal ini dapat mengatur pergerakan usus Anda, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda menghindari kondisi seperti kanker kolorektal.

  6. Menurunkan Hipertensi
    Konsumsi harian tomat mengurangi risiko pengembangan hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Hal ini sebagian disebabkan oleh tingkat mengesankan kalium yang ditemukan dalam tomat. Kalium adalah vasodilator, yang berarti bahwa itu mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi dan menurunkan stres pada jantung dengan menurunkan hipertensi.

  7. Untuk diet Penderita Diabetes
    Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa konsumsi harian tomat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.
  8. Kulit yang sehat
    Tomat membantu dalam menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit. Konsumsi harian tomat melindungi kulit terhadap imbas sinar UV. Tomat adalah peringkat tinggi untuk produk anti-penuaan.
  9. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
    Asupan Tomat juga mengurangi resiko infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Hal ini karena tomat yang tinggi kadar air, yang dapat merangsang buang air kecil. Hal ini meningkatkan penghapusan racun dari tubuh, serta kelebihan air, garam, asam urat, dan beberapa lemak juga.
  10. Mencegah Batu empedu
    Konsumsi tomat yang teratur juga dapat memberikan bantuan dari penyakit kandung empedu seperti batu empedu.

Ada berbagai penelitian untuk membuktikan manfaat buah tomat terhadap banyak penyakit kronis dan jenis kanker. Sifat antioksidan tomat juga bisa berasal dari makanan olahan, termasuk tomat ditemukan dalam saus tomat. Konsumsi harian tomat memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral dan mengerahkan efek perlindungan keseluruhan pada tubuh.

Related

Manfaat dan Khasiat 6469066414982613556

Post a Comment

Komentar

item